Gurauan Kurma Rasulullah SAW

Suatu ketika, Rosululloh SAW dan para sahabatnya sedang berkumpul sambil membicarakan suatu hal sembari menikmati buah kurma. Biasanya, setelah mereka memakan kurma, biji dari kurma tersebut diletakkan masing-masing di piring mereka. Pada saat itu, Sahabat Ali R.A. menyadari bahwa ia memakan kurma terlalu banyak, sehingga biji-biji diatas piringnya begitu menumpuk.

Kemudian, Ali secara diam-diam memindahkan biji-biji kurmanya tersebut ke sisi Rasulullah SAW. Lalu, ia tersipu-sipu dan berkata, "Wahai, Nabi, engkau memakan kurma lebih banyak daripada aku. Lihatlah biji-biji kurma yang menumpuk ditempatmu". Kemudian, Nabi Muhammad SAW pun tersenyum dan menjawab, "Ali, kamulah yang memakan lebih banyak kurma. Aku memakan kurma dan masih menyisakan biji-bijinya. Sedangkan engkau, memakan kurma berikut biji-bijinya". (HR. Bukhori)

Sungguh, Rosululloh pun sebenarnya menyukai sebuah gurauan. Dan, beliau tidak bersenda gurau dengan cara-cara yang tidak baik. Tidak ada yang tersinggung satu pun.

Abu Hurairah R.A. pun meriwayatkan hadits-nya saat mendengarkan para sahabat yang bertanya kepada Nabi Muhammad SAW.

"Wahai, Rosululloh, apakah engkau juga bersenda gurau bersama kami?" Kemudian, Rasulullah SAW pun menjawab dengan sabdanya, "Betul, hanya saja aku selalu berkata benar".

Subhanalloh :D
Wallohua'lamu bishshowwab.

Komentar